faidah ilmu

Gunakanlah masa muda untuk memperkaya ilmu, karena ia akan menjaga pemiliknya dari kebodohan, kesesatan dan kehancuran.

Kamis, 13 September 2012

Resensi Buku




Hiruk pikuk kehidupan bermasyarakat semakin mengkhawatirkan, terkhususnya di indonesia, terbukti di berbagai media masa kita saksikan aksi-aksi yang sudah menjurus kepada prilaku anarkis, oknum-oknim tertentu dengan brutal menampak sikap brutal yang sangat tidak mencerminkan karakter bangsa indonesia.
Kebanyakan mereka bukan orang-orang yang minim pendidikan bahkan sebaliknya, sebagian besar mereka adalah ikon dan lambang kemajuan dunia pendidikan yang justru mengekspresikan pendapatnya dengan cara-cara yang tidak beretika, dan jauh dari nilai-nilai moral yang mereka pelajari di bangku pendidikan lembaga mereka masing-masing. Belum lagi kasus-kasus lain yang berkaitan dengan dunia politik, ekonomi, sosial, budaya, sara yang semakin menambahkan keruwetan masalah bangsa ini, masalah-masalah tersebut dikupas habis dan dibeberkan di hampir seluruh media masa negri ini, tanpa memikirkan dampak dan akibat dari tersebarnya isu-isu yang belum jelas kebenarannya tersebut, tanpa mengindahkan dan tanpa ada yang merasa bertanggung jawab tentang keabsahan berita tersebut.
Namun kita sebagai salah satu dari golongan masyarakat pinggiran yang hanya bisa melihat dan menyaksikan aksi brutal dan isu-isu tersebut tidak bisa berbuat banyak, masyarakat pada umumnya hanya bisa mengomentari sekenanya layaknya seorang pakar, tanpa pilah-pilih siapa dan dari manakah mereka berasal. kemudian timbul suatu pertanyaan, apakah kita layak ikut serta dan menceburkan diri kedalam isu-isu yang tidak jelas keabsahannya tersebut dan sejauh manakah kelayakan tersebut,dan apabila layak, apakah yang harus kita lakukan, ikut meramaikan pergolakan yang sedang terjadi atau sekedar mengomentari, apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat dengan mengetahui isu-isu yang sedang berkembang, mampukah masyarakat pada umumnya membantu memecahkan problem negara ini, dan bila tidak mampu mengapa media gencar menyebarluaskan isu-isu tersebut, atau ada maksud-maksud lain dibalik itu semua.
Tentunya ini menjadi tanda tanya besar, terlepas dari maksud dan tujuan apa dan mengapa media gencar menyebarluaskan isu-isu panas di negri kita ini, kita mencoba melihat realita bangsa ini dari sudut pandang yang berbeda, yaitu sudut pandang agama, bagaimana islam memandang permaslahan yang sedang dihadapi oleh bangsa ini, yang notabenenya adalah bangsa dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, dan apa solusi yang diberikan islam dalam pemecahan masalah tersebut.

Dan pandangan islam tersebut dihadirkan melalui salah satu karya tulis anak bangsa, yang mumpuni dibidangnya menghadir karya tulis berkaitan dengan tema sedang sedang kita bicarakan. abu umar basyir salah seorang penulis negri ini mempersembahkan sebuah karya tulis membahas berbagai masalah yang sedang berkembang di negri pertiwi ini, karya tulis yang berjudul “indonesia negri para pendengki”
Dengan bahasa yang mudah, dan ringan, serta bisa dicerna oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa harus mengerut dahi. dengan format bahasa tulisan berbentuk diskusi santai ala orang-orang pinggiran, namun tetap menjaga kualitas keilmiyahannya.

Resensi kami hadir dengan harapan buku ini tidak sekedar hanya memberikan wawasan kepada para pembaca namun juga turut mengambil peranan dalam usaha memperbaiki dan mengurai benang kusut permasalahan bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar